otaku dan anime



Sudah bukan rahasia umum lagi kalo si admin blog ini adalah seorang otaku, hehe sebuah julukan yang sebernanya tidak masuk akal untuk dibanggakan, tapi entah kenapa persepsi untuk otaku di negeri asalnya jepang bertolak belakang dengan persepsi untuk otaku di Indonesia, disini siapapun yang menyukai atau bisa dibilang jatuh cinta pada anime, manga dkk bangga menyebut dirinya sebagai otaku.

Sedangkan di jepang otaku diasosiasikan dengan tingkah-tingkah menyimpang yang keterlaluan, seperti mengurung diri dalam kamar seharian hanya untuk menonton anime saja, menghabiskan uang hanya untuk membeli semua pernak pernik yang berhubungan dengan anime atau manga yang digemari, bahkan berlomba-lomba mencari keluaran edisi paling baru, yeah kedengarannya saja sudah mengerikan, jadi wajar saja kalau otaku dijepang dipandang buruk oleh masyarakat disana. 

Yeah walau bagaimanapun, sebagai otaku atau bukan otaku toh menyukai anime itu sudah merupakan hobby sejak SMP, aku melewati sejarah panjang bersama anime. Bagiku menjadi seorang ‘otaku’ (versi Indonesia) adalah suatu dunia tersendiri yang belum tentu mereka yang bukan otaku juga merasakannya. Berikut beberapa manfaat yang disadari maupun tanpa disadari bisa kita dapatkan dari hobby yang satu ini, setidaknya menurut versiku sendiri wkwkwk.

1.   Sebagai hiburan
Biasanya aku menyebutnya sebagai pelarian, ada begitu banyak macam anime dengan genrenya yang berbeda-beda pula, dimulai dari doraemon yang sudah pasti menemani masa kecil kita hingga naruto yang kocaknya minta ampun hahaha, apalagi fungsi utamanya selain memberi hiburan pada yang menonton. Bagiku, menonton anime selalu membuatku tersenyum, tertawa bahkan bisa juga menangis :)).



2.   Sebagai pembelajaran
Entah secara langsung maupun tidak langsung sebernanya banyak pembelajaran maupun pesan moral yang dapat kita petik dari menonton anime dibanding dengan menonton sinetron. Dalam anime kita disuguhkan dengan plot cerita serta penokohan yang menarik, kisah kepahlawanan, kisah persahabatan, maupun kisah kekeluargaan, hingga pengorbanan setiap tokoh yang memberi kita inspirasi untuk melakukan kebaikan bisa juga inspirasi untuk menjadi pekerja keras dan masih banyak lagi.

3.   Mengetahui budaya Jepang
Dengan menonton anime, kita masuk dalam gerbang baru, kita menjadi banyak belajar mengenai budaya, tata krama, seni, sastra  bahkan hingga sejarah Jepang. Dari situ juga kita bisa tahu bahwa jepang adalah bangsa yang rajin dan pekerja keras, tidak salah jepang merupakan salah satu negara maju di Asia. Ups memang baik tahu lebih banyak, tapi jangan sampai lebih membanggakan negara selain negara sendiri ya…

4.   Belajar bahasa Jepang
Dengan mempunyai hobby menonton anime, secara tidak langsung kita mempunyai kemauan dan semangat untuk belajar bahasa jepang. Sedikit-sedikit kita bisa mulai mengerti beberapa kosta kata dalam bahasa jepang, bahkan untuk menjadi mahirpun menjadi lebih mudah ketika kita menyukai anime.

5.   Belajar bahasa inggris
Memang terlihat tidak ada hubungannya, tapi kebanyakan otaku pada umumnya menguasai bahasa inggris pasif, hal ini terjadi kenapa? Karena tidak semua anime memiliki subtitle bahasa Indonesia, siapapun yang menyukai anime dan menjadi ketergantungan lama kelamaanpun akan belajar kosa kata bahasa inggris sedikit demi sedikit lewat subtitle bahasa inggris  dari anime yang ia tonton. Secara tidak langsung mereka telah belajar 2 bahasa, bahasa inggris dan jepang. Hehe

6.   Menemukan  banyak teman sesama fans
Entah teman online kita atau teman sekelas kita, memiliki hobby pada anime yang sama adalah suatu keseruan berharga yang sangat menyenangkan.  Karna anime kita bisa saling share mengenai berita-berita terupdate bahkan berbincang – bincang ringan mengenai keseharian kita, dan hal inipun tidak terbatas hanya pada lingkungan negara kita, kita dapat memiliki teman online dari penjuru dunia dengan berbagai latar belakang berbeda.

7.   Menemukan lagu Ost yang keren-keren
Yang satu ini sudah pasti, banyak ost anime yang tidak kalah keren bahkan lebih keren dari animenya, dengan lirik – lirik yang bukan main juga keren artinya :D.


 Dibalik manfaat tersembunyi, hobby menonton anime pula mempunyai dampak merugikan yang tersembunyi, seperti tidak kunjung dewasa dan bijaksana dalam menyikapi masalah dalam kehidupan. Menonton anime memberikan efek imaginatif bagi yang menonton sehingga kita terjebak dalam delusi, ketika berhadapan dengan masalah cenderung kita belum bisa menyikapinya dengan baik, karena belum terlatih untuk situasi rumit dalam hidup. 

Walau begitu anime sudah banyak berjasa bagiku :)) hehe  dengan anime aku bisa tertawa hingga terbahak, dengan anime aku bisa berlari ketempat yang membuatku teralihkan yang bahkan lebih baik dari tayangan - tayangan biasa di tv, dengan anime aku bisa belajar banyak, entah itu budaya luar, maupun bahasa baru, dengan anime pula ada banyak inspirasi yang kudapat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Galaksi

thats my brain said to my heart