Hyouka:Volume 3 Chapter 1

1 - A Sleepless Night

001 - ♥01

karena tak bisa tidur, aku putuskan untuk berjalan diluar.

Sejarah klan Chitanda dapat ditelusuri kembali ke awal periode Edo. bidang tanah besar diutara kota Kamiyama digunakan menjadi desa pertanian. sebagai pemimpin desa, klan chitanda telah menjaga, bertani dan menyewakan tanah disekitar sini.  Sebagai wakil dari desa, mereka didakwa dengan negosiasi pajak dengan feodal serta bertindak sebagai hakim lokal. Mereka juga terlibat dalam proyek-proyek untuk meningkatkan produk pertanian. Dan tentu saja, mereka akan mewakili desa dan mengambil bagian dalam festival tahunan di musim semi dan musim gugur.

Tanah di sini tidak benar-benar diberkati oleh alam. Meskipun tanah kaya, wilayah ini rentan terhadap topan serta badai salju. Setelah semuanya, tanah ini tidak benar-benar baik irigasi sampai irigasi berhasil dilakukan selama periode Edo. Hanya perubahan kecil dalam iklim akan menghasilkan kegagalan panen, sehingga alami bagi para petani sebelumnya untuk  takut dan menyembah para dewa.

Sebagai orang dengan kekayaan bergengsi, klan Chitanda akan mewakili manusia dalam melaksanakan ritual selama festival. Karena mereka akan menawarkan kekayaan mereka kepada para dewa di kuil atas nama orang lain, sebelum peletakan tanaman dan setelah panen, serta selama Obon dan Tahun Baru, mereka akan pergi berkeliling mengumpulkan makanan dan minuman dari orang-orang desa . Akan terlihat bahwa ini dianggap sebagai bentuk pembayaran sebagai pengganti uang untuk menyewa tanah dari klan Chitanda. Pada gilirannya, penyewaan tanah akan membentuk dasar dari kekayaan mereka.


Setelah perang, sebagai bagian dari reformasi tanah, klan Chitanda, seperti semua pemilik tanah besar lainnya, terpaksa menjual sebagian tanah yang mereka miliki pada pemerintah. Namun, Chitanda Shounosuke, pemimpin klan kemudian, melihat ini sebagai kesempatan untuk menggunakan uang dari penjualan tanah untuk memodernisasi peralatan pertanian secepat mungkin, dan keuntungan dari teknik pertanian baru. Dengan demikian, Shounosuke mampu perlahan membeli kembali tanah yang dijual, dan pada saat ayah  menjadi kepala klan, Chitandas telah mendapakan kembali hampir setengah dari apa yang pernah merupakan tanah mereka, yang dianggap cukup besar selama akhir periode Showa.


Hal ini mungkin terdengar seperti aku membual, tapi Chitanda Shounosuke bukan hanya seorang pria dengan ketajaman bisnis, ia juga seorang pria dapat dipercaya, seperti halnya  kakekku. Meskipun saat ia meninggal baru-baru ini, aku tidak ingat banyak tentang dia.

Pokoknya, klan Chitanda telah berhasil cuaca kekacauan selama dan setelah perang dan mempertahankan status mereka. Akibatnya, mereka masih bertugas mewakili masyarakat setempat selama festival.


Untuk mulai dengan, pertentangan apa yang Fukube-san katakan, klan Chitanda tidak persis begitu kaya untuk menjadi menara di atas orang lain. Akibatnya, perayaan tahunan dikurangi dari empat kali setahun menjadi hanya dua kali, selama musim semi dan musim gugur, dan simbolik "pembayaran" hari ini hanyalah sebotol anggur. Dengan demikian, ritual itu hanyalah alasan bagi semua orang untuk berkumpul dan pesta. Meskipun aku tak bisa minum, tak bisa mengambil bagian dalam pesta sendiri.


Musim semi dan musim gugur festival akan berlangsung di sebuah kuil kecil menyembah "dewa desa", yang merupakan dewa kecil. Akan ada ritual biasa barongsai dan membawa mikoshi. Seseorang dari klan Chitanda akan bertindak sebagai wakil untuk peziarah kuil dan berdoa untuk tahun yang damai selama festival musim semi, serta bersyukur selama festival musim gugur.


Dan aku juga telah berpartisipasi dalam festival tersebut semenjak aku cukup tua untuk mengingat. aku sering ditanyai oleh teman-temanku yang tinggal di dekat kuil serta pengunjung ke kuil mengenai apa yang aku lakukan selama ritual seperti itu, meskipun aku tidak benar-benar  melakukan banyak. Tidak banyak tuk dilihat selain harus memperhatikan tidak membuat banyak suara sampai akhir upacara berdoa. Jadi itu seperti biasa, menepuk tanganmu selama doa.



untuk ku, aku bukan orang yang sangat religius. Untuk beberapa bagian, aku tidak terlalu berbeda dari teman sekolahku. Mungkin ada hubungannya dengan pengalamanku di festival tersebut. Meskipun mungkin menyusahkan, setiap kali aku mengunjungi kuil, aku membiasakan untuk menyembunyikan apa yang aku inginkan. aku tidak yakin apakah ini berarti aku memiliki iman dalam dewa-dewa, atau apakah ini hanya cara sistematis saya menenangkan diri setiap kali aku merasa tidak aman. Dari waktu ke waktu, aku merasa ingin tahu tentang hal itu, tapi aku tidak pernah menemukan jawaban.

Baru-baru ini, keinginan ku telah terwujud selama ujian masuk sekolah tinggi. Ini juga telah terwujud selama "Insiden Hyouka", seperti yang disebut oleh Fukube-san.


Dan sekali lagi, malam ini aku menemukan diriku menuju ke kuil.



Festival Budaya Kamiyama SMA dimulai besok. Dan untuk  klub Kasik kami, yang hanya salah satu dari banyak klub terkenal seni berbasis di Kamiyama SMA, situasi meresahkan menanti kami, dan kami menemukan tidak ada solusi untuk itu. Meskipun kami berniat untuk memberikan yang terbaik ... tampaknya kami masih perlu keberuntungan di pihak kami.

Setelah menempatkan koin ¥ 100 ke dalam kotak persembahan dalam  kuil bulan-remang, aku bertepuk tangan dan menutup mata bersamaan dengan pikiran untuk teman-temanku  di Klasik Klub muncul.

Ibara MAYAKA-san, Fukube Satoshi-san, Oreki Houtarou-san.

Aku ingin tahu apakah MAYAKA-san tidur baik malam ini?

Sekarang, dia pasti menyalahkan dirinya untuk keadaan dalam klub klasik. Tapi itu tidak terjadi. Dibandingkan dengan MAYAKA-san, aku benar-benar tidak membantu. Kalau saja aku bisa memberikan segalanya dan membantu dengan pekerjaannya, kita bisa menghindari ini sama sekali. Jadi saya juga harus menanggung sebagian dari tanggung jawab.

Aku ingin tahu apakah Fukube-san tidur baik malam ini?

Kadang-kadang aku menduga apakah perilaku hedonistik  Fukube-san datang dari lubuk hatinya. Paling tidak, dia yakin tidak bertindak egois, karena tidak ada cara lain aku bisa membayangkan dia hanya tertawa atas sakit MAYAKA-san.

Aku ingin tahu apakah Oreki-san tidur baik malam ini?

... Dia mungkin tidur dengan baik. Jika dia tidak, aku akan sangat khawatir.

Dari waktu ke waktu, akusering menemukan Oreki-san mampu tajam mengamati hal-hal yang luar biasa. Aku mungkin bahkan mengatakan bahwa aku tergerak oleh itu. Tapi sebagian besar waktu Oreki-san, bagaimana aku mengatakannya, cenderung lambat dalam menyelesaikan sesuatu. Jadi sulit untuk menentukan apakah dia orang yang dapat diandalkan atau tidak.


aku berdoa untuk kesejahteraan semua orang

Saya berdoa untuk keberuntungan untuk menimpa kami selama tiga hari ke depan. Silakan biarkan kami mengatasi hal ini "gunung".

Saat aku membuka mata, aku masih merasa agak gelisah tentang hal itu, jadi aku mengambil lain 50 yen dari dompet ku.

from : https://www.baka-tsuki.org

Comments

Popular posts from this blog

Galaksi

thats my brain said to my heart